Kini Layanan Pengaduan Bisa Melalui e-Sambat Langsung dari Smartphone

Kota Pasuruan – Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) Kota Pasuruan menghadirkan layanan pengaduan masyarakat berbasis mobile bernama aplikasi ‘E-Sambat’ yang langsung diluncurkan oleh Gus Ipul pada Rabu, 28/4.

Peluncuran yang digelar di halaman depan Radio Ramapati FM Kota Pasuruan ini selain dihadiri oleh Kepala Diskominfotik Kota Pasuruan, Kokoh Arie Hidayat, juga dihadiri Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) beserta Ibu Hj. Fatma Saifullah Yusuf, Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo (Mas Adi) beserta Ibu Ani Adi Wibowo, Pj. Sekertaris Daerah Kota Pasuruan, Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan, Camat Se-Kota Pasuruan, Kepala Bank Jatim Cabang Pasuruan, Wartawan dan undangan lainnya.

E-Sambat diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pengaduannya terkait persoalan di Kota Pasuruan secara online dan gratis. Masyarakat dapat mengunduhnya melalui Google Play Store, kemudian melakukan registrasi akun E-Sambat menggunakan email, NIK, dan nama lengkap.

Dalam sambutannya, Gus Ipul menyampaikan, Perangkat Daerah dituntut untuk memberikan respon secara cepat dalam menanggapi pengaduan, sehingga E-Sambat dapat menjadi wadah untuk menyampaikan aspirasi, keinginan, dan kebutuhan masyarakat sehingga bisa dicarikan solusinya.

Dengan aplikasi E-Sambat diharapkan nantinya akan terdeteksi hal-hal yang menjadi keluhan warga kota Pasuruan dan dapat diketahui apa yang menjadi skala prioritas masyarakat, termasuk bantuan apa yang perlu diberikan oleh Pemerintah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Sebelum berakahir, Gus Ipul terima kasih kepada Perangkat Daerah yang turut berpartisipasi dalam mewujudkan Program Kerja dalam 99 hari kerja Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pasuruan. (van)

Check Also

Pembahasan Rencana Penyelenggaraan Sekolah Rakyat KEMENSOS RI di Kota Pasuruan

📆 : 14 April 2025📍 : Ruang VVIP Bandara Soekarno Hatta