Rapat Koordinasi Perihal Perlintasan Sebidang Kereta Api

📅: 4 Januari 2023
📍: Gedung Grahadi Surabaya

Menindaklanjuti kasus-kasus kecelakaan diperlintasan kereta api, terlebih mengakibatkan korban seperti yang menimpa warga Kota Pasuruan pada saat malam tahun baru, Pemprov Jatim melakukan Rapat Koordinasi Perihal Perlintasan Sebidang Kereta Api, di Gedung Grahadi Surabaya, 4 Januari 2023.

Gubernur memanggil pemangku kepentingan mulai dari Kapolda Jatim, Kepala Daerah Bupati dan Wali Kota di lingkungan Provinsi Jatim, Kapolres di wilayah Jawa Timur, Dishub Provinsi Jatim hingga perwakilan PT. KAI. Wakil Wali Kota Pasuruan, Bapak Adi Wibowo S.T.P., M.Si turut hadir dalam kesempatan ini.

“Tercatat, ada 734 perlintasan yang tidak berpalang pintu dan ini memiliki potensi kerawanan tinggi karena ruang publik yang selalu dilewati. Pada tahun 2022 angka korban meningkat menjadi 225, terdiri dari meninggal dunia, luka berat dan luka ringan,” ungkap Kapolda Jatim, Irjen Pol Toni Harmanto.

Dengan pertemuan ini, diharapkan secara bersama-sama bisa segera mengambil langkah untuk membangun pos-pos perlintasan kereta api.

Sementara itu, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menyampaikan kalau pemprov juga berupaya penuh membuat palang pintu. Nah, kewenangan pemprov hanya ada sebanyak 19 perlintasan. Saat ini, sebanyak 18 perlintasan dipastikan telah berpalang pintu.

“Satu masih sedang berproses itu di Banyuwangi. InsyaAllah segera selesai,” kata Gubernur Khofifah.(van)

Check Also

Rapat Pleno ODF Kota Pasuruan

📆: 11 Juli 2024📍: Ruang Unsur 2