Rakerda Dekopinda Kota Pasuruan Tahun 2022

โŒš: 14 Desember 2021
๐Ÿ“: RM. Nikmat Rasa 2

Wali Kota Pasuruan,Gus Ipul menghadiri pembukaan Rakerda (Rapat Kerja Daerah) Dekopinda (Dewan Koperasi Indonesia Daerah) Kota Pasuruan tahun 2022, di RM Nikmat Rasa 2, Selasa (14/12).

Gus Ipul menyampaikan bahwa koperasi harus mampu menguasai digitalisasi selain dituntut untuk terus berinovasi. Sebab, saat ini dunia digital juga menjadi tantangan serius.

“Hari ini koperasi akan bersaing dengan pinjaman online (Pinjol), KUR, BPR, dan Bank-Bank Syariah,โ€œ papar Gus Ipul.

Selain menguasai sisi digital, harapan ke depan juga mampu membimbing kostumer koperasi untuk melebarkan sayap bisnis/umkm untuk menggunakan inovasi di bidang digital, dituntun secara perlahan. Gus Ipul juga menegaskan dengan adanya tantangan digitalisasi ini, jika koperasi tidak serius maka akan dilibas oleh keadaan.

โ€œMaka apa yang harus dilakuka, DEKOPIN sudah mempunyai program, tinggal dielaborasi oleh para koperasi,โ€ tegas Gus Ipul.

Ada tiga poin penting dalam berelaborasi dengan Dekopin. Pertama dekopin akan memfasilitasi koperasi-koperasi yang ada untuk bisa berdaya. Kedua Dekopin memfasilitasi koperasi untuk melek digital seperti menghadirkan perangkat digital dan peningkatan SDM, ketiga adalah terkait pembenahan regulasi.

โ€œDekopin harus aktif memetakan kendala-kendala dikoperasi, sehingga kendala-kendala yang ada dapat segera diselesaikan, โ€œ kata Gus Ipul.

Check Also

Rapat Pleno ODF Kota Pasuruan

๐Ÿ“†: 11 Juli 2024๐Ÿ“: Ruang Unsur 2