Cegah dan Kendalikan HIV/AIDS Bersama-sama

Kota Pasuruan – Wakil Wali Kota Pasuruan, Mas Adi, membuka acara dengan tema “Pelayanan HIV/AIDS pada masa pandemi Covid-19” pada Senin, (12/4), di Rumah Makan Kurnia, Kota Pasuruan.

Rapat koordinasi keberlanjutan program pengarusutamaan HIV/AIDS tersebut diselenggarakan oleh Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Pasuruan, dengan tujuan menemukan dini kasus penderita HIV/AIDS, mengetahui perkembangan kasus HIV dan AIDS di Kota Pasuruan, meningkatkan upaya pencegahan, pengendalian dan penanggulangan HIV/AIDS dan penyakit infeksi menular seksual (IMS) serta berinovasi dalam keberlangsungan program penanggulangan HIV/AIDS pada masa pandemi Covid 19.

Mas Adi menyampaikan bahwa HIV/AIDS merupakan salah satu persoalan besar yang tengah dihadapi Bangsa Indonesia dan seluruh bangsa-bangsa di dunia. Saat ini sudah ada jutaan orang di dunia terutama generasi muda telah menjadi korban HIV/AIDS. Sementara itu, masa depan masyarakat, bangsa dan negara berada di pundak generasi mudanya. Dampak negatif yang ditimbulkan oleh HIV/AIDS ini, baik secara fisik, psikis, sosial, ekonomi dan budaya menjadikan suatu alasan yang kuat bahwa HIV/AIDS adalah “musuh bersama” seluruh umat manusia. Sehingga upaya untuk membebaskan bangsa dari cengkraman HIV/AIDS adalah menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh seluruh komponen bangsa Indonesia.

Mas Adi menambahkan, untuk menunjang dan menjamin terlaksananya upaya penanggulangan HIV/AIDS yang selaras dengan situasi dan kondisi pandemi Covid-19 ini, maka diperlukan adanya kebijakan, strategi dan inovasi dalam keberlangsungan program yang disepakati oleh semua pihak baik sektor Pemerintahan maupun swasta.

“Selain itu, diperlukan juga partisipasi aktif dari seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama bergerak dalam satu tujuan yaitu pencegahan dan pengendalian HIV/AIDS di masyarakat Kota Pasuruan.” ujar beliau sebelum membuka acara tersebut. (van)

Check Also

Rapat Pleno ODF Kota Pasuruan

📆: 11 Juli 2024📍: Ruang Unsur 2