Kembalikan Potensi Tanjung Tembikar

Surabaya – Gus Ipul didampingi Pj. Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Asisten II Bidang Perekonomian Dan Pembangunan, Asisten III Bidang Administrasi Umum Dan Kesejahteraan Rakyat, Kepala Bappelitbangda, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Kepala Dinas PUPR, serta Kabag Pemerintahan, melakukan kunjungan kerja ke PT. Pelindo III Surabaya pada hari Selasa, 27/4, dalam rangka kerjasama pengelolaan aset PT. Pelindo III, yakni Pelabuhan Tanjung Tembikar Kota Pasuruan. Kunjungan disambut oleh Komisaris Utama PT. Pelindo III, Direktur Pengembangan Bisnis beserta jajarannya diselenggarakan di Lantai 5A Auditorium Tanjung Perak PT. Pelindo III Surabaya.

Selain menjelaskan konsep Pasuruan Kota Madinah dan memaparkan persoalan yang dihadapi Kota Pasuruan, dalam kesempatan ini Gus Ipul juga menyampaikan potensi yang dimiliki Kota Pasuruan, salah satunya yaitu Pelabuhan Tanjung Tembikar.

Pelabuhan Tanjung Tembikar memiliki peran strategis dalam bidang perdagangan dan jasa bagi Pasuruan dan wilayah sekitarnya, sehingga Gus Ipul ingin mengembalikan kejayaan pelabuhan dengan memanfaatkan segala potensi, salah satunya melalui pembangunan pelabuhan sebagai infrastruktur strategis yang berkelanjutan.

Gus Ipul juga mencanangkan program pengembangan pelabuhan menjadi sektor wisata bahari yang terintegrasi dengan wisata religi dan wisata heritage di Kota Pasuruan. Nantinya Pelabuhan Tanjung Tembikar tidak hanya dijadikan sebagai tempat menangkap ikan, melainkan sebagai pusat kuliner ikan, wisata bahari, sarana transportasi laut, dan wisata heritage yang dimiliki Kota Pasuruan.

Sejalan dengan langkah percepatan implementasi 99 Hari Kerja Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pasuruan yang salah satunya adalah Pengembangan Wisata Bahari dan Revitalisasi Kawasan Pelabuhan, maka Gus Ipul berharap kedepannya ada kerjasama dan koordinasi sinergis antara Pemerintah Pusat, Provinsi, dan Pemerintah Kota Pasuruan khusunya dengan PT. Pelindo III Surabaya. Harapannya dapat mendongkrak perekonomian masyarakat dan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Pasuruan. (van)

Check Also

Rapat Pleno ODF Kota Pasuruan

📆: 11 Juli 2024📍: Ruang Unsur 2