Menkopolhukam Bangun Lapas Terintegrasi di Kota Pasuruan

Kota Pasuruan – Minggu, 2/5, setelah dikunjungi Menteri KKP, Sakti Wahyu Trenggono, Gus Ipul-Mas Adi kembali menyambut kehadiran tamu istimewa, yakni Menteri Bidang Koordinator Politik Hukum Dan Hak Asasi Manusia (Menko Polhukam), Prof. Mahfud MD dan Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM), Irjen Reynhard Silitonga.

Pertemuan dilakukan sehubungan akan dibangunnya lapas terintegrasi dan dilaksanakannya MoU pembangunan lapas yang dilengkapi rumah sakit rehabilitasi dan pondok pesantren.

Saat mengawali kunjungannya, Prof Mahfud dan Irjen Reynhard melakukan peninjuan kondisi Lapas Kelas IIB Pasuruan dengan didampingi Gus Ipul-Mas Adi, Kepala Lapas Pasuruan, Kapolres Pasuruan Kota. beserta jajaran Forkopimda lainnya di Kota Pasuruan.

Dalam kunjungannya tersebut, Prof Mahfud dan Irjen Reynhard meninjau setiap sudut lapas sekaligus memantau aktivitas yang dilakukan oleh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Pasuruan. Sebelum beranjak, para WBP memberikan hasil karya terbaiknya berupa lukisan sketsa wajah dan celengan karakter (cakar) untuk Menko Polhukam, MenkumHAM, Dirjen PAS, dan Wali Kota Pasuruan sebagai tanda kenang-kenangan.

Setelah kunjungan tersebut, kegiatan dilanjutkan dengan ziarah ke makam Mbah Hamid Kota Pasuruan untuk membaca yasin, tahlil, dan doa bersama. Dalam kesempatan ini Gus Ipul juga tak lupa memohon doa restu akan dibangunnya kawasan wisata religi terintegrasi antara masjid, alun-alun, mall Poncol, dan Jl. Wachid Hasyim.

Menjelang buka puasa, Prof Mahfud dan Irjen Reynhard singgah di Rumah Dinas Wali Kota Pasuruan dan memberikan arahan di Pendopo Surga Surgi Kota Pasuruan.

Pada malam hari, Prof Mahfud melakukan kunjungan sekaligus menyampaikan arahannya di Pondok Pesantren Salafiyah Kota Pasuruan dalam rangka mengikuti kegiatan Khotmil Qur’an, Haul para suhada’ menyambut 10 malam terakhir Bulan Ramadhan.

Sebagai penutup dan acara puncak kunjungan, pada hari Senin, 3/5, dilanjutkan dengan penandatanganan MoU pembangunan Lapas Terintegrasi. (van)

Check Also

Rapat Pleno ODF Kota Pasuruan

📆: 11 Juli 2024📍: Ruang Unsur 2