Upacara Hari Lahir Pancasila

⌚: 1 Juni 2022
📍: Ruang Rapat Untung Suropati

Wali Kota Pasuruan, Bapak Drs. H. Saifullah Yusuf dan Wakil Wali Kota Pasuruan Bapak Adi Wibowo, S.T.P., M.Si bersama FORKOPIMDA Kota Pasuruan mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila secara virtual, di Ruang Rapat Untung Suropati, (1/6).

Upacara dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo di Lapangan Pancasila, Ende, Nusa Tenggara Barat (NTB) tanah kelahiran Pancasila. Upacara ini juga diikuti Kementrian/Lembaga, dan Kepala Daerah seluruh Indonesia. Ini merupakan pertama kalinya melakukan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila bagi Presiden Indonesia di luar Ibukota. Dan jarang orang yang tahu bahwa Kota Ende juga menjadi tempat lahirnya Pancasila yang dirumuskan oleh Bung Karno pada saat masa pengasingannya.

Presiden Jokowi tampak menggunakan Baju Adat Ende, Lawo Lambu dengan tambahan aksesoris Lesu (Ikat Kepala). Sedangkan, Gus Ipul sapaan akrab Wali Kota Pasuruan menggunakan pakaian adat Madura

Presiden Jokowi, dalam amanatnya mengajak masyarakat Indonesia untuk turut aktif memperkokoh dan mewujudkan cita cita kemerdekaan Indonesia.

“Ini adalah tugas seluruh komponen bangsa untuk menjadikan pancasila sebagai ideologi yang bekerja, saya mengajak seluruh masyarakat untuk bergerak aktif memperkokoh dan mewujudkan cita-cita kemerdekaan” ajak Jokowi.

selengkapnya klik link di bio

#pasuruan #kotapasuruan #jawatimur #prokopim #prokopim_kotapasuruan #harilahirpancasila #harilahirpancasila2022 #upacara #pancasila #ende #NTT #nusatenggaratimur

Check Also

Rapat Pleno ODF Kota Pasuruan

📆: 11 Juli 2024📍: Ruang Unsur 2