RAKORKOMWIL IV APEKSI 2022

⌚: 21 Juni 2022
📍: Pelataran Pantai Kelapa Lima (Koepan Expo), Subatsu Paradise (Gala Dinner), SPAM Kali Dendeng, Palacio Ballroom, Aston Hotel Kota Kupang

Pemerintah Kota Pasuruan mengikuti RAKORKOMWIL IV APEKSI (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia) 2022 di Kota Kupang 21-23 Juni 2022. Acara yang dihadiri oleh Wakil Wali Kota Pasuruan, Bapak Adi Wibowo, S.T.P, M.Si. ini para peserta APEKSI mendapatkan sambutan hangat secara langsung oleh Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore sejak di Bandara.

Acara di hari pertama adalah Gala Dinner di Subasuka Paradise, Kota Kupang. Sebelum Gala Dinner, para peserta APEKSI dan rombongan mengikuti Keopan Expo di Pelataran Pantai Kelapa Lima, Kota Kupang. Wali Kota Kupang, Dr. Jefri Riwu Kore dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kota Kupang bangga dengan kehadiran anggota APEKSI dalam raker Komwil IV APEKSI ke-17 tahun 2022, dan beliau menambahkan Kota Kupang dijuluki “kota kasih dan kota toleran” sehingga selama kunjungan bapak dan ibu diharapkan mendapat kesan yang sangat baik dari kehangatan maupun dari keramahtamahan masyarakat Kota Kupang.

Setelah menikmati sunset di area Keopan Expo yang berdekatan dengan pantai, para peserta bergegas menuju lokasi Gala Dinner. Ada 13 kota yang ikut pada raker ini, yakni Kota Kediri, Kota Batu, Kota Surabaya, Kota Blitar, Kota Mojokerto, Kota Probolinggo, Kota Malang, Kota Madiun, Kota Denpasar, Kota Mataram, Kota Bima, Kota Kupang dan Kota Pasuruan tentunya. APEKSI kini sudah berusia 22 tahun sejak berdiri sejak 25 Mei 2000 lalu.

Hari Kedua

Pemerintah Kota Pasuruan mengikuti Rakorkomwil APEKSI 2022 yang mengusung tema “Percepatan Pembangunan Berkelanjutan dalam Rangka Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19”. Acara ini dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Sekda Provinsi NTT, Samuel Halundaka, S.IP, M.Si, mewakili Gubernur NTT, Rabu (22/6), di Ballroom Palacio Hotel Aston Kupang.

Dalam acara hari kedua APEKSI ini hadir pula Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri RI, Dr. Teguh Setiabudi, M.Pd, Direktur Eksekutif Apeksi Pusat, Alwis Rustam dan Forkopimda Kota Kupang. Sementara jajaran Pemkot Kupang yang hadir, Sekretaris Daerah Fahrensy Priestley Funay, SE, M.Si, para Staf Ahli Wali Kota Kupang, para Asisten Sekda dan para Pimpinan Perangkat Daerah Kota Kupang serta para Camat.

Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM, MH, yang juga Ketua Apeksi Komisariat Wilayah IV, dalam sekapur sirihnya mengatakan, bahwa rangkaian penyelenggaraan Raker Komwil IV meliputi kota di wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara ini memberikan manfaat bagi masyarakat Kota Kupang secara langsung dan tidak langsung.

Wali Kota Kupang berharap agar melalui diskusi sepanjang raker terjadi pertukaran ide, gagasan serta solusi yang dapat diterapkan demi tercapainya efektivitas dan efisiensi pemerintahan bagi kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah masing-masing. Selain itu, Rakerkomwil juga semakin memperkuat kerjasama dan kemitraan diantara ke 13 pemerintah kota dalam semangat Recover Together, Recover Stronger.

Setelah RAKORKOMWIL, di hari kedua rangkaian APEKSI ini, para peserta APEKSI mengikut Pawai Budaya. Wali Kota Kupang menyatakan bahwa pelaksanaan festival budaya yang dilakukan tersebut menarik banyak sekali minat orang untuk menonton dan hal ini ujar dia sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat di Kota Kupang.

“Ya artinya bahwa inikan pelaksanaan Rakorwil IV Apeksi di lakukan di Kota Kupang, tujuannya adalah untuk memulihkan kembali perekonomian di Kota Kupang,” kata Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore.

Hari Ketiga

Pemerintah Kota Pasuruan dalam hasil rapat kerja di hari terakhir APEKSI Tahun 2022 mendapatkan kesempatan sebagai tuan rumah RAKERKOMWIL IV APEKSI yang Ke-18 pada tahun 2023. Hal ini dipertegas dengan pernyataan Kepala Adm. Bagian Pemerintahan Kota Pasuruan, Bapak Drs Sinar Widi, MM dalam menyanggupi kesiapan program asosiasi yang mampu mendongkrak berbagai sektor terutama Pariwisata dan UMKM tersebut.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo, S.T.P., M.Si menanam pohon dalam rangkaian acara APEKSI tersebut di IPA SPAM Kali Dendeng Kelurahan Penkase Oeleta. Adalah pohon kepel yang ditanam dan menjadi pohon kepel pertama yang ada di Kota Kupang. Beliau berpesan untuk menjaga alam sehingga kedepan alam akan ada menjaga kita. Menariknya, penempatan lokasi penanaman pohon terletak di SPAM yang baru saja dibuat yang mampu memberikan pasokan air kepada 72.000 jiwa penduduk Kota Kupang.

Rangkaian Rakorkomwil IV ke 17 APEKSI tahun 2022 telah ditutup dengan penandatanganan hasil rapat oleh seluruh Kepala Daerah maupun yang mewakili, termasuk Wakil Wali Kota Pasuruan.

Ayo sobat prokopim, selain tuan Rumah APEKSI Rakerkomwil IV ke-18 Tahun 2023, kita juga ditunjuk sebagai tuan rumah MTQ XXX Jawa Timur looh. Ini kesempatan emas buat kita semua, menciptakan Pasuruan Kota Madinah. Ayo kita bersama sama turut andil menyukseskan kerja keras Pemerintah Kota Pasuruan, mulai dari resik terhadap diri sendiri, rumah, dan sekitar. Siap?

Check Also

Rapat Pleno ODF Kota Pasuruan

📆: 11 Juli 2024📍: Ruang Unsur 2