Apel Pengarahan Tenaga Kontrak di Lingkup Pemerintah Kota Pasuruan

⌚: 14 Januari 2022
📍: Halaman Gedung Kesenian Darmoyudo

Pemerintah Kota Pasuruan mulai menata Seluruh tenaga kerja kontrak. Mereka akan disesuaikan dengan bidang pekerjaan sesuai spesifikasi keahliannya.

“Dengan penataan ini tidak akan ada lagi tenaga kontrak yang menduduki posisi yang bukan keahliannya,” kata Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) saat memimpin Apel 619 Tenaga Kontrak di halaman depan Gedung Darmoyudo Kota Pasuruan.

Apel yang diadakan oleh BKD Kota Pasuruan ini, juga dihadiri Wakil Wali Kota Pasuruan, Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Kepala OPD, Camat dan Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian masing-masing OPD.

Sesuai peraturan Pemerintah No. 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, tenaga kontrak akan mendapatkan tempat baru, linier sesuai jenjang pendidikan dan kompetensi pada saat menjalani pendidikan, baik sekolah, diploma maupun strata di perkuliahan.

Saat ini, Pemerintah Kota Pasuruan mempunyai 619 orang tenaga kontrak dengan kualifikasi pendidikan yang berbeda-beda dan tersebar di seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan.

“Sebagai contoh untuk tenaga kesehatan yang sebelumnya ada di Kecamatan harus ditempatkan di dinas kesehatan atau rumah sakit. Yang mempunyai ijazah sarjana pendidikan maka harus ditempatkan di sekolah-sekolah di lingkungan dinas pendidikan. Hal ini agar tenaga kontrak dapat diberi kesempatan untuk mendaftar sebagai pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK),” jelas Gus Ipul.

Tenaga Kontrak di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan, mayoritas memiliki gelar sarjana S-1, namun ada pula tenaga kontrak yang berijazah D3 (265 Orang) bahkan masih ada yang berijazah terakhir pendidikan sekolah dasar sebanyak 20 orang dengan masa bakti lebih dari 10 tahun.

Dalam kesempatan ini, Gus Ipul memastikan bahwa penataan tenaga kontrak dilakukan untuk efektifitas dan penyesuaian bidang keahlian. “Jangan merasa disingkirkan tapi disesuaikan. Memang kadang mengajak kita keluar dari zona nyaman.” ujar Gus Ipul. (van/fik)

Check Also

Rapat Pleno ODF Kota Pasuruan

📆: 11 Juli 2024📍: Ruang Unsur 2