Audiensi Persiapan Evaluasi RB dan SAKIP Tahun 2022

📅: 24 Agustus 2022
📍: Kemenpan RB, Jenderal Sudirman, Jakarta
📷: van/prokopim

Pemerintah Kota Pasuruan terus melakukan perubahan dan perbaikan dalam melakukan pelayanan terhadap publik. Dalam pemerintahan Wali Kota Gus Ipul, Kota Pasuruan mampu mendapatkan skor WTP yang pada masa pemerintahan sebelumnya turun di peringkat WDP (wajar dengan pengecualian).

WTP atau Wajar Tanpa Pengecualian (unqualified opinion) adalah predikat tertinggi yang diberikan oleh auditor eksternal, dalam hal ini Badan Pemeriksa Keuangan, terhadap laporan keuangan Pemerintah Daerah Kota Pasuruan.

Bersama dengan Bagian Organisasi (@bag_organisasi_kopas), Bapelitbangda (@bappeda_pasuruankota), BPKA (@bpkakopas), Inspektorat (@inspektoratkotapasuruan), serta BKD (@bkd_pasuruankota), Gus Ipul bertolak menuju Kantor Kemenpan RB (@kemenpanrb) di Jakarta (24/8), untuk audiensi bersama Bapak Prof. Dr. Erwan Agus Purwanto, M.Si, Deputi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi berkaitan dengan SAKIP Kota Pasuruan yang masih mendapatkan skor B. Dengan adanya audiensi ini diharapkan target SAKIP dengan skor A dapat tercapai di Pemerintahan Gus Ipul secara bertahap.

Sobat prokopim, sudah tahu belum tentang SAKIP? Mimin kasih tahu yaa!
SAKIP adalah Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan, dimana sistem ini merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

Terus fungsinya apa min?
SAKIP mempunyai peran yang sangat strategis dalam upaya peningkatan penyelenggaraan pemerintahan, yaitu sebagai alat untuk memperbaiki kebijakan serta mendorong instansi pemerintah untuk melakukan inovasi dalam mendisain program dan kegiatan. (van)

Check Also

Rapat Pleno ODF Kota Pasuruan

📆: 11 Juli 2024📍: Ruang Unsur 2