Bahagia di Kota Pasuruan, Wali Kota Pasuruan Adakan Nonton Wayang Virtual

Kota Pasuruan – Pemerintah Kota Pasuruan menggelar acara Pertunjukan Wayang Virtual yang bertepatan dalam acara pelantikan Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Kota Pasuruan pada Sabtu 29/5.

Bertempat di halaman Gedung Kesenian Darmoyudo Kota Pasuruan, acara ini dihadiri Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf beserta Ibu, Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo beserta Ibu, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kota Pasuruan, Kapolres Pasuruan Kota, Dandim 0819 Pasuruan, Para Asisten, Staf Ahli, seluruh Kepala Perangkat Daerah dilingkungan Pemerintah Kota Pasuruan, para sesepuh Pewayangan dan tokoh masyarakat, serta tamu undangan lainnya.

Acara ini dihadiri pula oleh Ketua Pepadi Provinsi Jawa Timur, Sinarto yang juga melakukan pengukuhan kepada pengurus Pepadi Kota Pasuruan. Pertunjukan wayang virtual ini menceritakan tentang Untung Suropati Krido yang didalang Ki Dalang H. Sucipto Sabdo Utomo dengan sinden asal Hongaria, Agnes Servozo. Guna menambah keseruan, acara ini juga dimeriahkan Cak Percil beserta rekan yang mengundang tawa dalam pentasnya.

Mengingat saat ini dalam masa pandemi Covid-19, maka selain melestarikan budaya, dalam sambutannya Gus Ipul menyampaikan, ini merupakan adaptasi dari kebiasaan baru, dimana pertunjukan wayang dalam masa pandemi tetap bisa dilakukan dan disaksikan banyak orang, salah satu caranya melalui virtual.

“Seperti saat ini yang kita lakukan, semua penontonnya duduknya diatur, undangannya 50% kapasitas, dan sebagian menonton melalui zoom.” Ucap Gus Ipul.

Dalam kesempatan ini, Gus Ipul mengapresiasi generasi muda yang masih mencintai budaya dan melestarikannya.

“Luar biasa dan ini menghidupkan seni dan tradisi kita.” Ujar Gus Ipul.

“Saya tidak terlalu mengerti wayang, tetapi saya bisa nonton berjam-jam wayang. Meskipun tidak tau apa yang diucapkan dalang, yang saya paham bahwa, ada inspirasi, cerita, peristiwa, dan pesan moral disana bahwa yang baik akan menang dan yang buruk akan kalah.” Imbuhnya (van)

Check Also

Rapat Pleno ODF Kota Pasuruan

📆: 11 Juli 2024📍: Ruang Unsur 2