Kesadaran Bela Negara Perlu Ditanamkan Sejak Dini

Kota Pasuruan – Pemerintah Kota Pasuruan melalui Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Bakesbangpol) Kota Pasuruan menggelar kegiatan Pembinaan Kesadaran Bela Negara pada Sabtu 29/5.

Acara yang digelar di Rumah Makan Nikmat Rasa 2 ini dihadiri Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo (Mas Adi), Plt. Kepala Bakesbangpol Kota Pasuruan, Imam Subekti, Kasi Intel 0819 Pasuruan, Joko Slamet Wahono, Plt. Asisten Pemerintahan Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Mualif Arif, para Camat, perwakilan mahasiswa dan karangtaruna dilingkungan Kota Pasuruan. Hal ini dilakukan untuk membangkitkan jiwa bela negara di kalangan generasi milenial dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,

Untuk memantik kesadaran bela negara pada jiwa milenial yang hadir, Gus Ipul memberikan penjelasan tentang pentingnya menumbuhkan rasa nasionalisme diantara pluralisme agama dan budaya Indonesia yang disatukan melalui dasar negara bernama Pancasila.

“Adek-adek diajak kesini untuk mengerti betapa pentingnya kesadaran bela negara. Untuk bisa mau membela negara tentu harus memahami dan mengikuti sejarah dan wacana perjuangan bangsanya.” Ujar Gus Ipul.

Pancasila merupakan dasar negara Indonesia yang ajaib karena bisa menjadi jalan tengah yang mempersatukan bangsa Indonesia yang terdiri dari banyak suku, agama, budaya, dan, bahkan mempersatukan rakyat Indonesia karena dalam setiap silanya mencerminkan nilai-nilai budaya bangsa.

Mengingat bahwa kesadaran bela negara merupakan hal esensial yang harus dimiliki setiap warga negara Indonesia (WNI) karena sebagai modal dasar sekaligus kekuatan bangsa dalam menjaga kedaulatan Indonesia, Gus Ipul menyampaikan dapat diawali dari mencintai lingkungan sekitar, baik lingkungan formal, nonformal, dan informal.

Gus Ipul juga mengingatkan agar menjaga etika bersosial media dimana tidak menyebarkan berita bohong dan hoax yang menimbulkan perpecahan.

Sebagai penutup, Gus Ipul memberikan pedoman dalam menjalani kehidupan dan bekal untuk bela negara, yakni disiplin, ulet, kerja keras, taat peraturan, percaya diri, tahan uji dan bertanggungjawab.(van)

Check Also

Rapat Pleno ODF Kota Pasuruan

📆: 11 Juli 2024📍: Ruang Unsur 2