Koperasi Adalah Harapan, Masa Depan dan Andalan

Kota Pasuruan – Gus Ipul didampingi Mas Adi, Selasa (6/4) membuka acara Pembinaaan Bagi Koperasi Siswa atau Sekolah Tahun Anggaran 2021 di Rumah Makan Kebon Pring Kota Pasuruan.

Acara ini dalam rangka pengembangan dan pemberdayaan lembaga koperasi guna meningkatkan kualitas, kapasitas dan kompetensi SDM para pengelola khususnya pembina koperasi di lingkungan sekolah,

Acara ini dihadiri oleh Asisten II Bidang Perekonomian Dan Pembangunan Sekretariat Daerah, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan, Kepala Bappelitbangda Kota Pasuruan, Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Pasuruan, Jajaran pembina koperasi dan UMKM di berbagai sekolah Kota Pasuruan dan tamu undangan lainnya.

Koperasi sebagai Soko Guru Bangsa, memiliki peran sentral dalam menyelamatkan Indonesia dari keterpurukan ekonom. Dalam sambutannya, Gus Ipul mengajak seluruh pembina koperasi untuk berpikir lebih tajam dan kekinian dalam mengelola koperasi. Hal ini agar menjadi terkenal sekaligus sebagai contoh suksesnya koperasi sekolah.

“Koperasi sekolah perlu dikelola secara profesional sehingga menjadi pendidikan untuk anak-anak kita, ternyata koperasi itu harapan, koperasi itu masa depan dan koperasi itu andalan”. Ujar Gus Ipul.

Mengingat saat ini investasi saham menjadi primadona di masyarakat, maka Gus Ipul memberikan wawasan sekaligus masukan agar koperasi sekolah dapat memanfaatkan asetnya berupa uang yang di miliki untuk diinvestasikan pada badan usaha milik negara.

Gus Ipul berharap koperasi sekolah dapat lebih inovatif sehingga kesempatan untuk maju dan naik kelas menjadi lebih terbuka. “Jika ingin eksis maka 110 koperasi siswa yang ada di Kota Pasuruan perlu melakukan pengembangan atau ikhtiar yang kongkrit, dengan memanfaatkan media online sebagai sarana pembelajaran menambah ilmu terkait koperasi dan UMKM”. Ujar Gus Ipul.

Gus Ipul juga berharap dukungan seluruh koperasi dan UMKM untuk berkontribusi dalam mewujudkan Pasurusn Kota Madinah. (van)

Check Also

Rapat Pleno ODF Kota Pasuruan

📆: 11 Juli 2024📍: Ruang Unsur 2