Launching Aplikasi Sinta Gelis dan Desa Model Binaan Dharma Bhakti Nagari

📅: 31 Juli 2022
📍: Hotel Platinum Tunjungan Surabaya
📷: ms/prokopim

Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Launching Aplikasi Sinta Gelis dan Desa Model Binaan Dharma Bhakti Nagari oleh Ibu Gubernur Jawa Timur pada 31 Juli 2022 di Hotel Platinum Tunjungan Surabaya.

Melalui program unggulan “Nawa Bhakti Satya” setelah tiga tahun kepemimpinan Gubernur Khofifah dan Wakil Gubernur Emil Dardak ini, berhasil menurunkan presentase penduduk miskin di Jatim hingga 0,21% per Maret 2022. Angka ini berhasil menurunkan angka kemiskinan tertinggi yakni sejumlah 391.064 jiwa dan menunjukkan penurunan tertinggi se-Indonesia.

Dalam inovasi aplikasi Sinta Gelis yang diselenggarakan Bappeda Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Emil Dardak menyampaikan bahwa penghapusan kemiskinan ekstrem merupakan tujuan dari Sustainable Development Goals (SDG) yang harus dicapai pada tahun 2030.

“Tantangan terbesar kita adalah menurunkan angka kemiskinan ekstrem di Jawa Timur,” terang Emil.

Wakil Wali Kota Pasuruan dan Kepala OPD terkait (Bappeda Kota Pasuruan) turut hadir dalam kesempatan launching SINTA GELIS (Sistem Informasi Terpadu Penanggulangan Kemiskinan) bersama dengan 37 undangan Ketua TKPK lainnya dari seluruh Jawa Timur.

Melalui SINTA GELIS diharapkan mampu mempertajam kebijakan dan intervensi untuk percepatan penanggulangan kemiskinan dan berkontribusi dalam penghapusan kemiskinan esktrem sampai tingkat desa di Jawa Timur berdasarkan by name by address yang diintegrasikan dengan data P3KE. Sementara itu, Dharma Bhakti Negeri menjadi “raw” model konsep terintegrasi yang melibatkan berbagai pihak dan stakeholder dalam penanganan kemiskinan di suatu daerah. (van/prokopim)

Check Also

Rapat Pleno ODF Kota Pasuruan

📆: 11 Juli 2024📍: Ruang Unsur 2